Monday, March 28, 2011

Ran Mouri

Ran Mouri, putri tunggal dari Kogoro Mouri seorang mantan polisi yang beralih profesi menjadi detektif dengan Eri Kisaki seorang pengacara terkenal. Ialah gadis yang sejak kecil sudah menjadi tetangga dan teman bermain Shinichi.
Orang tua mereka juga sudah lama saling kenal. Mereka selalu satu sekolah sejak SD sampai SMA, hingga sering melewatkan waktu bersama dan selalu digoda oleh teman-teman sekolah seolah mereka sudah jadian. Ran masih duduk di bangku SMU Teitan. Di sekolah dia mempunyai 2 sahabat, bernama Sonoko Suzuki, dan Kazuha Toyama. Di sekolah Ran juga berteman dengan Eisuke Hondo, dia pernah di curigai sebagai anggota Organisasi Hitam karena kemiripannya dengan Rena Mizunashi dan karena perilakunya yang aneh.


Suatu hari saat pergi ke taman hiburan Tropical Land bersama Shinichi, secara kebetulan mereka terlibat kasus pembunuhan. Shinichi yang selalu antusias memecahkan kasus itu pun berhasil mengungkap pembunuhnya. Setelah itu tiba-tiba Shinichi menyuruhnya pulang duluan, dan pemuda itu segera berlari meninggalkannya. Saat itu, meski Shinichi mengatakan dengan senyum dan sikap biasa saja bahwa ia akan segera menyusul pulang, Ran merasa bahwa ia tak akan bertemu Shinichi lagi untuk waktu sangat lama…

Ternyata benar, saat ke rumah Shinichi ia hanya bertemu dengan Profesor Agasa, tetangga sekaligus sahabat Shinichi, bersama seorang anak kecil bernama Conan Edogawa. Profesor Agasa mengatakan bahwa Conan adalah anak saudara jauhnya, dan meminta tolong untuk dititipkan di rumah Ran karena kedua orangtuanya diopname akibat kecelakaan. Berkat andil Conan menyelesaikan kasus yang diberikan pada Detektif Kogoro Mouri, Conan pun diizinkan oleh Kogoro untuk tinggal bersama mereka.

Hingga seminggu Shinichi tidak muncul-muncul juga dan Ran gelisah karena khawatir terjadi apa-apa pada Shinichi, akhirnya bisa lega setelah Shinichi menelepon. Pemuda itu mengatakan bahwa ia diminta memecahkan kasus sulit dan belum bisa pulang. Tapi ia berjanji akan segera pulang bila kasusnya telah selesai. Maka Ran pun menjalani hidup bersama ayah yang sudah cukup lama pisah rumah (tapi belum dan sepertinya tidak akan cerai) dengan ibunya, ditambah Conan yang dititipkan pada mereka. Sementara Shinichi yang biasanya bisa ditemui setiap hari jadi tidak diketahui di mana ia berada dan hanya sesekali menghubungi.

Sifat

Secara fisik, Ran sangat bisa diandalkan karena ia jago karate dan pernah menjadi juara di turnamen. Meski jelas tak sepintar Shinichi dalam segala bidang, dalam hal musik ia lebih baik dari Shinichi. Ia tak suka misteri atau teka-teki dan sepakbola, tapi sangat mendukung Shinichi yang tergila-gila pada dua hal tersebut. Seperti juga Shinichi, ia sangat berani dan cenderung nekat bila berada pada situasi yang memberinya kesempatan menyelamatkan nyawa manusia. Sayangnya, ia percaya dan takut setengah mati pada hantu.

Tapi Ran gadis yang benar-benar manis dan baik, sangat pengertian dan perhatian pada orang-orang di sekitarnya. Kesabarannya juga membuktikan bahwa bukan hanya fisik yang kuat, tapi juga hatinya. Ran sanggup menunggu untuk waktu yang lama, juga menahan gelisah tanpa banyak mengeluh, malah berusaha untuk selalu tersenyum. Walau seringkali ia harus menangis…

Di Sini Menunggu

Karena selalu bersama sejak kecil, entah kapan Ran mulai benar-benar menyukai Shinichi. Tapi ia sangat mengagumi pemuda itu sejak mereka terlibat kasus saat berkunjung ke New York, di mana Ran berusaha menyelamatkan nyawa seorang pembunuh dan Shinichi membantunya. Saat pembunuh tersebut bertanya kenapa mereka mau menyelamatkannya padahal bisa saja mereka dibunuh, Shinichi mengatakan “…untuk menolong orang lain, perlukah alasan?”

Maka Ran menyimpan rasa kagumnya yang berbuah perhatian tak terhingga pada Shinichi. Ia selalu menunggu Shinichi mengatakan suka karena sikap pemuda itu sudah menunjukkan demikian, tapi saat itu tidak datang juga. Lalu perasaannya benar-benar kacau saat Shinichi tiba-tiba menghilang, dan ia hanya bisa menunggu tiba saatnya pemuda itu datang menjelaskan semua. Menunggu dan menunggu… meski entah sampai kapan.

Trivia

Siapa sangka, seorang pembunuh yang dulu diselamatkan oleh Ran dan Shinichi sewaktu di New York adalah Chris Winyard, anggota kawanan jubah hitam yang kemudian menyelidiki Shinichi. Julukan yang Chris berikan bagi Shinichi adalah ‘Cool guy’, sementara Ran adalah ‘Angel’. Mungkin karena memang ada sisi baik dalam dirinya, Chris selalu berusaha menyelamatkan Shinichi dan Ran beserta keluarga mereka saat terancam bahaya.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment