Monday, March 28, 2011

Kogoro Mouri

Kogoro Mouri (毛利小五郎, Mouri Kogorou) adalah salah satu karakter utama dari manga dan anime Detective Conan. Dia adalah seorang detektif swasta dan ayah dari Ran Mouri. Nama “Kogoro Mouri” berasal dari dua sumber yang berhubungan dengan misteri. “Kogoro” berasal dari ” Kogoro Akechi “, detektif yang diciptakan oleh Edogawa Rampo, sedangkan Mouri dari ce Mauri Leblanc. Dalam live action aktor drama yang memerankannya adalah Takanori Jinnai. Kanji untuk “Mouri” (毛利) berasal dari daimyo Mouri Motonari.
Dia lebih suka bermalas-malas sepanjang hari. Kogoro bersekolah di SMA Teitan, bersama dengan Eri, Yukiko Fujimine , dan aktris Ruri Ujou, sekolah menengah yang sama seperti Ran dan Shinichi.Dia kemudian lanjut ke Beika University, di mana ia bergabung dalam tim Judo, Ia juga merupakan penembak jitu yang sangat baik.

Putri Kogoro, Ran Mouri, juga merupakan putri Eri Kisaki , yang kini hidup terpisah setelah sepuluh tahun. Meskipun terus pura-pura tidak tertarik padanya, Kogoro masih memiliki perasaan untuk istrinya itu-dia bahkan telah memintanya untuk kembali padanya, tapi eri pura-pura tidak mendengarnya karena dia belum “siap”, meskipun dia masih memiliki perasaan yang sama. Ini terlihat ketika dia cemburu ketika dia komentar pada penampilan gadis-gadis lain.

Setelah Shinichi telah menyusut tanpa disengaja efek racun yang misterius dan dipaksa untuk menggunakan identitas Conan Edogawa , Hiroshi Agasa menyimpulkan bahwa Shinichi tidak bisa melanjutkan penyelidikan secara terbuka tanpa menarik perhatian yang tidak semestinya oleh Organisasi Hitam. Untuk mempertahankan kedoknya, ia menyarankan Shinichi untuk tinggal bersama Kogoro dan menggunakannya sebagai sebuah front. Ketika kesimpulan Kogoro dalam salah satu penyelidikan pertama mereka menjadi begitu dilettantish yang menyebabkannya menjadi sia-sia. Conan mmbuat Kogoro tertidur dan menggunakan dasi kupu-kupu pengubah suaranya untuk meniru suara Kogoro, untuk menyajikan kesimpulan dan identitas pembunuh sejati; ini akhirnya dikenal dengan “Kogoro Tidur” dan reputasi sebagai detektif master .

Kepribadian

Kogoro dapat dengan mudah tergila-gila dengan wanita cantik. Wanita idolanya adalah idola pop Yoko Okino , dan dia tidak pernah ketinggalan acara televisi itu. Karena perilaku yang senang dengan wanita itu, putrinya Ran Mouri sering malu, dan sementara itu itulah alasan mengapa istrinya tidak datang kembali.

Dia juga sering mabuk, dan Shinichi / Conan pernah membuat komentar sinis tentang dia yang menghabiskan uang untuk alkohol. Dalam anime, kantornya dipenuhi dengan kaleng bir kosong, dan dia menyimpan minuman keras dilemari. Kogoro juga seorang perokok berat, dan biasanya terlihat dengan sebatang rokok di mulutnya. Hobinya termasuk mahjong dan perjudian di pacuan kuda dan keirin .
Dalam versi Jepang, karena namanya Kogoro Mouri ia sering keliru untuk astronot terkenal Mamoru Depkes ketika ia memperkenalkan dirinya sendiri, karena mereka berdua sering dalam berita, dan memiliki nama belakang yang sama. Pada versi bahasa Inggris mungkin dia juga bingung dengan Patrick Moore.

Dalam versi AS, Kogoro Mouri mengatakan bahwa dia berumur empat puluh tiga, sedangkan dalam versi Jepang berumur tiga puluh tujuh.Tidak diketahui jika usia Eva / Eri dalam versi AS tetap sama sejak mereka bersekolah bersama-sama, dan jika tidak, apakah itu akan mempengaruhi alur cerita Princess Pageant yang terjadi dua puluh tahun yang lalu. Dia takut hal-hal yang terbang, seperti helikopter.

Keterampilan Detektif

Sepanjang sebagian besar cerita, Kogoro digambarkan sebagai seorang detektif yang cukup kompeten, sering hilang petunjuk dan melompat ke kesimpulan yang salah, meskipun beberapa kesimpulan ini dibagikan oleh orang lain di tempat kejadian. Namun, Kogoro tidak mengikuti prosedur polisi yang tepat, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, dan ( Dengan sedikit bantuan dari Conan ) menjadi cukup baik. Meskipun terlihat bodoh, ia telah menjadi perwira polisi yang menonjol di bawah Inspektur Juzo Megure sepuluh tahun sebelum mulai cerita. Ia telah meninggalkan gaya polisi setelah peristiwa yang dibahas dalam film kedua, The Fourteenth Target. Karena Conan membantu Kogoro dalam memecahkan berbagai kasus, reputasi Kogoro sebagai detektif tumbuh dengan cepat. Dia tidak mengingat penyelesaian dari setiap kasus karena Conan secara sembunyi-sembunyi membuatnya pingsan dengan jarum obat penenang supaya ia dapat menjelaskan penyelesaian untuk kasus, menggunakan perangkat yang memungkinkan dia untuk meniru suara Kogoro. Namun, Kogoro sepertinya tidak pernah bertanya-tanya tentang fakta ini dan sering membual tentang kebaikannya.Karena itu, ia telah mendapat julukan Kogoro Tidur ( 眠りの小五郎, Nemuri Kogorou ). Jugo Yokomizo sering keliru menyebutnya bebas Kogoro ( 煙の小五郎, Kemuri Kogorou ) karena kebiasaannya merokok.

Dalam cerita-cerita selanjutnya, ada saat-saat Kogoro sebenarnya mampu memecahkan kasus-kasus kejahatan tanpa (atau sedikit) bantuan dari Conan, terutama ketika orang-orang yang dekat dengannya terlibat, tampaknya bahwa, sementara ia dapat menghubungkan titik-titik pemecahan baik-baik saja, dia tidak bisa benar-benar memecahkannya secepat Conan. Yang pertama peristiwa ini terjadi saat perjalanan ke sumber air panas, di mana salah satu teman lamanya di perguruan tinggi dibunuh. Kogoro sebenarnya sangat terganggu dan bertekad untuk menemukan si pembunuh sendiri, dan Conan yang memahaminya tidak bisa memaksa dirinya untuk memberi obat bius padanya, membatasi diri untuk diam-diam menarik perhatian pada petunjuk yang diperlukan. Meskipun analisis yang sering tolol, Kogoro sebenarnya cukup cerdas ketika ia berlaku sendiri. Dia bahkan mampu sepenuhnya mengatasi kejahatan dirinya sendiri dalam film kesembilan, Strategy Above the Depths, karena fakta bahwa pelakunya Minako mirip Eri, dan Conan salut padanya untuk kesuksesannya.

Karena kecenderungan yang sering kebetulan berada di TKP, Inspektur Megure sering menyebut Kogoro sebagai shinigami ( Dewa Kematian ).

Reactions:

0 comments:

Post a Comment